Teknik Menulis |
Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk yang besar di dunia
tidak dapat dilepaskan dari dunia pendidikan. Sebagai sebuah negara yang besar,
pendidikan adalah hal penting untuk dikembangkan dalam rangka menghasilkan
kualitas sumber daya manusia yang mumpuni. Hal tersebut tidak dapat dilepaskan
dari adanya persaingan kualitas sumber daya manusia di ranah internasional.
Sayangnya, tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tersebut tidak dibarengi
oleh usaha masyarakat untuk turut serta mewujudkan cita-cita bangsa tersebut.
Kondisi tersebut bisa dilihat dari masih sedikitnya jumlah buku yang
diterbitkan penerbit buku setiap tahun di negara ini yaitu sekitar 7.000 judul
buku. Angka tersebut jauh berbeda dengan Amerika Serikat yang berhasil
menerbitkan 75 ribu judul buku setiap tahun. Padahal jumlah penduduk Amerika
Serikat tidak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia. Terlebih lagi, sekitar 80%
masyarakat Indonesia memiliki kemampuan untuk membaca.
Salah satu faktor yang
mendorong rendahnya jumlah buku yang diterbitkan di Indonesia yaitu rendahnya
minat baca masyarakat Indonesia apabila dibandingkan dengan negara lain.
Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia juga bisa didefinisikan sebagai
kondisi dimana masyarakat tidak memiliki ketertarikan terhadap aktivitas
membaca, baik terhadap buku, majalah, koran, dan lain sebagainya padahal jumlah
penerbit buku lumayan banyak. Pada kawasan Asia Tenggara, tingkat atau minat
baca penduduk Indonesia masih kalah di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand.
Kondisi tersebut bisa jadi juga disebabkan oleh rendahnya pendapatan per kapita
yang didapatkan Indonesia apabila dibandingkan dengan ketiga negara ASEAN
tersebut. Apabila dibandingkan dengan negara-negara di dunia, posisi Indonesia
masih berada di posisi bawah, terlebih apabila dibandingkan dengan
negara-negara maju.
Kondisi tersebut sangat
disayangkan ketika Indonesia sebenarnya memiliki akademisi yang jumlahnya tidak
sedikit. Dengan kata lain, tenaga pendidik seperti dosen dan guru jumlahnya tidak
sedikit, meskipun mereka tidak terlalu diperhatikan oleh pemerintahnya,
khususnya dalam hal kesejahteraan guru yang statusnya masih bersifat honorer.
Minimnya buku ajar yang ada saat ini lebih cenderung pada kurangnya buku ajar
untuk tingkat Perguruan Tinggi (PT). Dengan kata lain, buku ajar untuk sekolah
dasar dan menengah jumlahnya tidak terlalu bermasalah. Berangkat dari hal
tersebut, maka yang perlu dipertanyakan adalah keinginan dosen untuk menulis
buku. Padahal Indonesia adalah satu negara yang memiliki banyak dosen
berkualitas. Tidak hanya itu, dosen juga merupakan profesi yang sebenarnya
memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman berdasarkan aktivitas penelitian
yang sering dilakukannya. Hanya saja, minat dosen untuk menulis buku, khususnya
buku ajar masih cukup rendah di kalangan akademisi.
Berangkat dari kondisi
tersebut, maka setidaknya ada 3 hal yang dituding menjadi penghambat
produktivitas dosen dalam menulis buku. Hal ini perlu diperhatikan dalam teknik
menulis yaitu:
Pertama adalah berkembangnya mitos
bahwa menulis memerlukan bakat. Dengan kata lain, bisa tidaknya seseorang untuk
menulis sesuatu didasarkan pada pertimbangan bakat. Orang yang tidak bisa
teknik menulis diasumsikan sebagai orang yang tidak memiliki bakat menulis
sehingga sampai kapan pun mereka dianggap tidak bisa menulis. Hal tersebut
tentu harus ditentang karena tidak sesuai dengan kenyataan. Semua orang pada
dasarnya bisa menulis karena sejak kecil sudah diajarkan caranya untuk menulis,
baik itu puisi, cerita pendek, pantun, dan lain sebagainya. Pada saat menjalani
sekolah menengah dan pendidikan tinggi, kita juga selalu dituntut untuk menulis
laporan, tugas, dan presentasi. Maka sebenarnya sejak kecil kita sudah
diajarkan untuk menulis. Anggapan bahwa menulis memerlukan bakat adalah hal
yang keliru karena teknik menulis adalah sesuatu yang bisa dipelajari. Hanya
saja permasalahannya terletak pada mental kita apakah kita mau menulis atau
tidak.
Kedua adalah banyaknya
akademisi, khususnya dosen yang beranggapan bahwa mereka tidak cukup memiliki
waktu untuk menulis buku. Kondisi ini adalah salah satu alasan yang paling
sering diutarakan bagi mereka yang tidak memiliki minat dalam menulis buku.
Tidak memiliki waktu yang cukup untuk menulis pada dasarnya adalah alasan
klasik yang sebenarnya bisa diatasi. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan
manajemen waktu yang sesuai dengan kesibukan. Dengan kata lain, manajemen waktu
menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh dosen, khususnya dalam hal
menulis buku. Bahkan mereka bisa meluangkan waktu 5-10 menit untuk menulis
buku. Waktu yang singkat tersebut pada dasarnya bisa digunakan dosen untuk
menulis, setidaknya 2-3 paragraf. Apabila hal tersebut dilakukan setiap hari,
maka dalam jangka waktu tertentu, tulisan dosen tersebut akan bisa dijadikan
buku. Oleh karena itu, setiap orang hanya perlu memiliki kemampuan untuk
memanajemen waktunya sendiri untuk menulis buku.
Ketiga adalah kecenderungan
dosen untuk memilih mengerjakan proyek daripada menulis buku. Hal tersebut
berangkat dari anggapan bahwa mengerjakan proyek lebih menguntungkan daripada
menulis buku. Asumsi tersebut tidak dapat dilepaskan dari keuntungan (gaji)
yang didapatkan dosen ketika mengikuti proyek lebih besar daripada menulis
buku. Terlebih lagi, menulis buku dianggap banyak menyita waktu dosen hingga
berbulan-bulan dan belum lagi harus melewati proses editing. Hal tersebut
berbeda dengan pengerjakan proyek yang sifatnya sementara dan dosen hanya
dituntut membuat laporan yang bisa jadi tingkat kesulitannya tidak seberat menulis
buku. Apabila dosen sudah terjebak pada pola pikir yang demikian, maka akan
cukup sulit bagi dosen untuk meluangkan waktunya dalam rangka menulis buku,
khususnya buku ajar di tingkat perguruan tinggi. Oleh karena itu, mental dan
kemauan yang kuat tetap menjadi solusi yang ampuh untuk memunculkan semangat
dosen dalam menulis buku.
Berangkat dari tiga
hambatan yang ditemui orang dalam menulis buku maupun teknik menulis nya, maka
solusi yang bisa diambil adalah dengan mengubah pola pikir kita bahwa menulis
buku tidak membutuhkan bakat yang ada sejak lahir. Hal tersebut menjadi wajar
mengingat teknik menulis buku adalah kemampuan yang bisa dipelajari dari waktu
ke waktu. Selain itu, dosen juga perlu untuk menyadari bahwa kesibukan bukanlah
hambatan utama dalam menulis buku. Dengan kata lain, mereka bisa menyiasati
kesibukannya dengan melakukan manajemen waktu dimana mereka bisa meluangkan
5-10 menit untuk menulis buku setiap harinya. Apabila hal tersebut bisa
dilakukan, maka tidak ada alasan lagi bagi dosen untuk tidak menulis buku
karena kesibukannya. Terakhir, mengerjakan proyek bukanlah hal yang salah bagi
dosen. Penemuan-penemuan yang menarik tersebut juga justru bisa dijadikan
inspirasi baru bagi dosen untuk menulis buku. Dengan demikian, ilmu yang didapatkan
tidak hanya dimiliki oleh orang yang berkepentingan, tetapi hasilnya pun juga
bisa dinikmati oleh publik melalui buku.
Related :