Teknik Menulis |
Menulis pada hakikatnya adalah upaya mengekspresikan apa yang dilihat, dialami,
dirasakan, dan dipikirkan ke dalam bahasa tulisan. Hampir setiap orang, pernah
melakukan aktivtas menulis. Entah menulis pesan, memo, surat, buku harian,
laporan, opini, naskah, ataupun menulis buku.
Ada pelbagai macam bentuk
dan jenis tulisan. Setiap orang mungkin pernah menulis, dari bentuk yang paling
ringan dan sederhana sampai yang luas dan mendalam. Jika kita masih kesulitan
memulai membikin model tulisan yang bersifat luas dan mendalam, maka kita bisa
mulai dulu latihan dengan cara membuat jenis tulisan yang ringan dan sederhana.
Misalnya saja dimulai dari
membuat surat pembaca dan diary. Membuat surat pembaca dan buku harian seteliti
dan sebagus mungkin, misalnya dari segi tema, isi dan cara penggarapannya.
Bahkan beberapa tulisan yang berasal dari buku harian pun ada yang diterbitkan
menjadi buku dan disambut dengan hangat; misalnya saja Catatan Seorang
Demonstran-nya Soe Hok Gie, serta Pergolakan Pemikiran Islam-nya Ahmad Wahib.
Jika kita ingin menjadi
penulis dan menulis buku tema tertentu, maka teknik menulis yang menjadi modal
perlu dimiliki adalah kepekaan dan sikap kritis. Kepekaan dan sikap kritis
berhadapan dengan “teks” kehidupan, entah teks yang tertulis maupun tidak
tertulis, baik teks yang tersurat maupun yang tersirat.
Untuk itu kita perlu
mengasah kepekaan dan sikap kritis terus-menerus; misalnya dengan cara
bertanya, menyangsikan, mendebat, dan mengolah suatu ide dan peristiwa yang
terekam dalam layar kesadaran kita. Bermulanya suatu inspirasi selalu muncul
dari ide dan peristiwa. Ini merupakan modal utama dari seorang penulis.
Lantas bagaimana teknik menulis ide yang baik?
Cara yang harus dilakukan
adalah dengan menggumuli teks kehidupan
yang sangat luas. Bisa berupa teks tertulis seperti bacaan atau pustaka yang
beraneka ragam, buku, surat kabar, majalah, jurnal, internet. Bisa juga dari
teks yang terlihat dan terdengar seperti radio, televisi, musik, film, drama,
dan karya seni.
Bisa juga teks yang tidak
tertulis, berupa kejadian dan peristiwa kehidupan yang kita jumpai, kita alami,
kita rasakan, kita dengar, kita lihat dan saksikan. Dari teks-teks kehidupan
yang sangat luas tadi, lantas kita bisa menemukan ide dan inspirasi untuk
menulis.
Dari sinilah proses teknik
menulis kreatif dimulai. Misalnya saja suatu ketika kita membaca surat kabar
yang berisi liputan tentang pertikaian antaretnis di Kalimantan. Setelah
membaca, lalu kita tertarik untuk membikin artikel dan opini mengenai
“pertikaian antaretnis”, misalnya dari sudut pandang psikologis, sosiologis,
antropologis, historis, ekonomis, agamis, dan politis.
Dari sudut pandang
psikologis, misalnya, bisa dilontarkan pertanyaan: mengapa manusia, secara
psikis, gampang bertikai dan melakukan kekerasan? Dari sudut pandang sosiologis
bisa dibahas mengenai adanya kultur (tradisi, kebiasaan) “kekerasan” manusia di
berbagai daerah dan wilayah.
Dari sudut pandang antropologis
bisa dilontarkan beberapa asumsi: apakah pertikaian dan kekerasan adalah
merupakankebudayaan khas yang dimiliki oleh suku Madura, Melayu, dan Dayak
(Kalimantan)? Dari perspektif historis bisa dilakukan tinjauan sejarah dari
waktu ke waktu tentang pertikaian dan kekerasan yang dilakukan oleh manusia,
khususnya etnnis Madura, Melayu, dan Dayak.
Dari aspek ekonomis bisa
dilontarkan asumsi: apakah pertikaian dan kekerasan antaretnis di Kalimantan
ada kaitannya dengan persoalan kesenjangan dan ketimpangan ekonomi antara etnis
pendatang dengan penduduk asli? Kemudian, dari aspek agamis bisa dimunculkan
asumsi: apakah pertikaian dan kekerasan antaretnis di Kalimantan juga ada
kaitannya dengan masalah pertikaian antar agama?
Artinya, mungkinkah
pertikaian dan kekerasan yang terjadi di Kalimantan tidak sekedar merupakan
problem etnis akan tetapi juga merupakan problem agama? Dan, dari aspek politis
bisa dilontarkan pertanyaan dan dugaan: apakah pertikaian dan kekerasan antaretnis
di Kalimantan merupakan skenario yang sengaja diciptakan oleh kelompok tertentu
untuk tujuan politik dan kekuasaan?
Kemudian untuk memperluas
prespektif dan wilayah pembahasan serta untuk memperkaya tulisan kita, mungkin
perlu dibahas dan diperbandingkan pertikaian dan kekerasan antaragama,
antarsuku, dan antargolongan yang terjadi di Maluku, Sulawesi, dan sebagainya.
Selain itu, dalam tulisan
Pertikaian Antaretnis tersebut kita perlu menyisipkan ide dan pesan moral
‘perdamaian’ untuk mengatasi pertikaian dan kekerasan antaretnis juga antarsuku
dan antargolongan yang akhir-akhir ini merebak di tanah air.
Melalui kerangka
pembahasan di atas, maka kita bisa menulis buku sosial-politik yang cukup
menarik. Itu adalah sekedar contoh teknik menulis, bagaimana sebuah artikel
bisa dibikin dari proses mendengarkan berita, membaca tulisan, atau bahkan
menyaksikan sendiri peristiwa pertikaian dan kekerasan antaretnis yang terjadi
di Kalimantan.
Dari ilustrasi dan contoh
di atas, tentu kita bisa mengembangkan sendiri untuk meracik artikel-artikel
lainnya dari sudut pandang apapun (bebas) yang menurut kita menarik, entah dari
sudut sosial politik, ekonomi, ataupun agama.
Syarat mutlak untuk jadi
penulis adalah rajin membaca. Ketika memulai menulis dan berjuang menjinakkan kata, tanda baca,
dan kalimat, kita harus sabar, cermat, dan telaten. Jika menulis kita hayati
sebagai profesi yang mengasyikkan, maka menulis bukanlah merupakan beban yang
menjenuhkan. Melainkan suatu pekerjaan yang menggairahkan dan menggembirakan.
Apa yang dapat kita
simpulkan dari paparan di atas ialah, menulis merupakan segenap rangkaian
kegiatan seseorang mengungkapkan buah pikirannya melalui bahasa tulis untuk
dibaca dan dimengerti oleh orang lain. Buah pikiran itu dapat berupa
pengalaman, pendapat, pengetahuan, keinginan, perasaan sampai gejolak kalbu
seseorang.
Buah pikiran itu
diungkapkan dan disampaikan kepada pihak lain dengan wahana berupa bahasa
tulis, yakni bahasa yang tidak mempergunakan peralatan bunyi dan pendengaran,
melainkan berwujud berbagai tanda dan lambang yang harus dibaca.
Hasil perwujudan melalui
bahasa tulis itu menjadi karya tulis yang dapat berupa sesuatu karangan apapun,
dari karangan faktawi sampai fiksi, yang pendek beberapa lembar atau panjang
berjilid-jilid sampai corak prosa atau puisi.
Setiap karya tulis, baik
berupa makalah seminar, artikel, cerita pendek, lakon sandiwara maupun naskah
radio merupakan ramuan tiga unsur berupa buah pikiran, penulis, dan sarana.
Bahan pokok sesuatu
tulisan apapun ialah buah pikiran yang terutama dibatasi oleh sudut pandang.
Ide itu selanjutnya dipadukan dengan minat dan latar belakang penulis serta
sarana. Sarana yang dimaksud dalam tataran ini adalah medium penerbitan yang
menjadi tempat pemuatan tulisan dengan senantiasa memperhatikan siapa sidang
pembacanya.
Faktor bahasa yang harus
diperhatikan oleh setiap penulis meliputi tata bahasa, irama, dan pilihan kata
(diksi). Pokok soal adalah sesuatu hal yang ditulis atau terdapat dalam
tulisan, jadi ide atau buah pikiran.
Pokok soal itu dalam
banyak hal menentukan corak penulisan Keadaan yang harus diperhatiakan
seseorang penulis mengacu pada suatu situasi khusus yang meliputi dorongan
batin penulis, keadaan pembaca, dan hubungan pengarang dengan pembaca.
Seseorang dapat tergerak
batinnya untuk menulis karena hasrat mengungkapkan diri seperti halnya
seseorang yang mendadak menyanyi sendiri atau bersiul-siul karena kegembiraan
yang timbul dalam kalbunya.
Dengan menulis sesuatu
karya tulis, seseorang memperoleh ketegasan mengenai apa-apa yang berkecamuk
dalam pikirannya, yang merisaukan perasaannya, atau yang memerlukan kehadiran
ke luar dari dirinya.
Tetapi, seseorang juga
dapat terdorong dirinya untuk menulis karena kebutuhan berhubungan dengan orang
lain, seperti halnya seseorang yang mendadak ingin menulis surat kepada ibunya,
atau kepada sidang pembaca surat kabar mengutarakan sesuatu hal. Dalam prakteknya,
motivasi mengungkapkan diri dan berkomunikasi dengan pihak lain itu sering
bercampur baur.
Dua ciri menonjol teknik
menulis menandai sifat khas tulis menulis, yaitu sifat sangat manusiawi dan
sifat amat pribadi. Kegiatan menulis bersifat sangat manusiawi dibandingkan
dengan berbagai aktivitas lainnya karena di antara seluruh makhluk hidup hanya
manusialah yang melakukan kegiatan itu.
Aneka aktivitas lainnya
seperti makan, tidur, bermain-main, berolah raga, menyanyi, dan menari bukan
sepenuhnya ciri manusiawi karena hewan pun melakukannya. Sampai sekarang hanya
aktivitas mengungkapkan buah pikiran denganlambang tulisan merupakan monopoli
manusia.
Penulisan bersifat amat
pribadi karena proses penulisan yang sesungguhnya, hanya bisa dilakukan oleh satu
orang saja. Hasil karangan semata-mata mencerminkan kepribadian seorang tunggal
pula.
Dalam praktek mengarang
tidak ada karangan yang setengah kalimat ditulis oleh seseorang. Separuhnya
diteruskan oleh rekannya atau alinea-alinea selang-seling disusun sejumlah
penulis secara bergantian. Seperti halnya produksi suatu barang di pabrik
dengan sistem roda berjalan.
Pilihan kata, gaya
pengungkapan, bentuk perbandingan, dan corak penekanan ditentukan oleh setiap
penulis sendirian sehingga hasilnya pun merupakan ‘cap’ dari pribadinya.
Referensi:
Ayan, Jordan E. 2002.
Bengkel Kreativitas. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Kaifa.
The Liang Gie. 1992.
Pengantar Dunia Karang-Mengarang. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Pradopo, Rachmat Djoko.
1993. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Related :