Keberadaan buku ajar sebagai salah satu sumber belajar di
perguruan tinggi menjadi hal yang tidak dapat dikesampingkan. Buku ajar bukan
hanya sekedar cerminan dari kesadaran kolektif dari insan akademik, lebih
daripada itu juga menjadai salah satu sarana untuk memperluas cakrawala
pengetahuan mahasiswa. Sayangnya, kebanyakan penulis buku ajar terjebak dengan
gaya teknik menulis yang itu-itu saja.
Teknik Menulis | Berkaitan
dengan hal tersebut, dibutuhkan ketrampilan dalam menyajikan buku ajar dengan
gaya bahasa ilmiah populer. Dengan permainan tata bahasa ilmiah populer, maka
buku ajar akan menjadi lebih komunikatif dan muda dipahami oleh para mahasiswa.
Teknik Menulis | Banyaknya
Tata Permainan Bahasa (language-games) di dalam kehidupan, menyebabkan manusia
tidak mungkin berbahasa hanya dalam satu cara. Selain itu, tidak mungkin pula
menganggap komunikasi hanyalah sekadar penyampaian pesan dari komunikator ke
komunikannya. Itu sebabnya, dewasa ini komunikasi lebih dimaknai sebagai
penstrukturan kosa kata dan sintaksis berdasarkan konstruksi fakta yang
terekspresikan. Oleh karena itu, komunikasi bersifat emansipatori (bukan lagi
saling menguasai). Komunikasi yang tidak emansipatoris, berdampaknya pada
sering munculnya kekeliruan epistemologi (keliru pengetahuan karena tidak
cermat dalam memahami kata, istilah, atau ungkapan) (Bahan Tayang (tata
permainan) Bahasa Artikel Ilmiah).
Teknik Menulis | Pemahaman
terhadap tata permainan bahasa yang baik akan membuat tulisan menjadi lebih
mudah dipahami. Tata permainan bahasa yang dimaksud di sini bukan hanya dalam
konteks ilmiah, melainkan juga berkaitan dengan bahasa yang mengandung nilai
kehidupan. Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam komunitas
sosial. sebagaimana yang diuraikan oleh Wibowo (2016:55), pelbagai tata
permainan bahasa yang sehari-hari digunakan dalam kehidupan, juga sekaligus
mengandung suatu nilai komunitas sosial. Artinya, meskipun komunitas sosial
buku ajar menunjukkan latar belakang keilmuan tertentu, fakta menunjukkan bahwa
para insan akademik di dalamnya sebenarnya “terikat ” dengan suatu lingkungan
budaya. Itu sebabnya, pesan yang diungkapkan dari buku ajar tidak bisa dilepaskan
dari makna sosial yang berciri-ciri khas Indonesia dan disajikan melalui bahasa
Indonesia gaya ilmiah populer.
Teknik Menulis | Kata
ilmiah sering diartikan untuk hal yang berkaitan dengan kaidah ilmu
pengetahuan. Dimana istilah karya ilmiah digunakan untuk sebuah tulisan yang
mendalam sebagai hasil mengkaji dengan metode ilmiah. Dalam hal ini bukan
berarti bahwa tulisan itu selalu berupa hasil penelitian ilmiah. Sebagai contoh
tulisan yang berupa petunjuk teknik atau bahkan cerita pengalaman nyata dan pengalaman
biasa, yang bukan hasil penelitian ilmiah tetapi disajikan dalam bentuk yang
mendalam sebagai hasil ilmiah (Suwardi Lubis). Sementara menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia, populer berarti dikenal dan disukai orang banyak (umum);
sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya; mudah dipahami orang banyak
(http://kbbi.web.id/populer). Dari penjelasan tersebut, dapat diartikan bahwa
gaya penulisan ilmiah populer adalah gaya penulisan buku ajar dengan bahasa
yang lebih mudah dipahami mahasiswa dengan tetap memperhatikan kaidah ilmiah.
Alhasil, dalam proses penyusunan buku ajar yang berasal dari penelitian yang
telah dilakukan, secara otomatis akan mengalami reduksi makna. Namun, yang
perlu diingat, reduksi makna tersebut tetap memperhatian sumber rujukan sebagai
wujud pertanggungjawaban ilmiah penulis. Adapun contoh yang dapat menjelaskan
perbedaan antara tata permainan bahasa ilmiah populer dan tata permainan bahasa
lainnya sebagaimana dikemukakan oleh Rifai (2007) yang dikutip dari Buku
Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi: Hakikat, Formulasi, dan Problem Etisnya,
yaitu:
Tata Permainan Bahasa Ilmiah Populer | Teknik Menulis |
Pasar merupakan salah satu
sistem ekonomi tempat melakukan transaksi berdasarkan asas pasokan dan
permintaan. Terasi yang dijadikan komoditas perdagangan di pasar dibuat melalui
proes fermentasi aerob dan anaerob berbahan baku surplus udang dan ikan.
Tata Permainan Bahasa Ilmiah | Teknik Menulis |
Pasar merupakan tempat
orang memperjualbelikan terasi setiap pekan atau pada hari pasar. Terasi yang
diperjualbelikan di pasar dibuat dari sisa udang dan ikan yang tidak habi
sterjual.
Tata Permainan Bahasa Lisan (Percakapan) | Teknik Menulis |
“Ke mana, Bu? ”
“Ke pasar!”
“Ngapain?”
“Ah, udah tahu pakai
tanya-tanya. Mau jual terasi!”
Tata Permainan Bahasa Tulis (Percakapan) | Teknik Menulis |
“Ibu mau berangkat
kemana?”
“Akum au pergi ke pasar.”
“Untuk apa Ibu berkunjung
ke pasa?”
“Ah, engkau pasti sudah
mengetahuinya, jadi untuk apa menanyakan? Akum au menjual terasi yang selalu
kuperdagangkan untuk menghidupimu.”
Teknik Menulis | Tanpa ada
ketrampilan dalam menyajikan dan memahami tata permainan bahasa, maka benarlah
apa yang disampaikan oleh Wittgenstein “Batas Bahasamu adalah batas duniamu”.
Dari kalimat tersebut dapat diartikan bahwa apa yang kita ketahui hanyalah
sebatas kata-kata yang kita gunakan. Selamat Menulis !!!
Referensi:
Wibowo, Wahyu, 2016,
Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi: Hakikat, Formulasi, dan Problem Etisnya,
Jakarta: Rajawali Pers.
Suwardi Lubis, Teknik
Penulisan Ilmiah Populer (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Sumatera Utara), http://library.usu.ac.id/download/fisip/komunikasi-suwardi%20lbs2.pdf
Kamus Besar Bahasa
Indonesia (online), http://kbbi.web.id/populer
Related :