Salah satu
keputusan penting yang akan anda ambil dalam proses penulisan adalah memilih
sudut penceritaan. Ada sejumlah sudut penceritaan yang bisa anda pilih. lima di
bawah ini merupakan pilihan yang paling sering digunakan.
1. Sudut
penceritaan orang pertama
Penutur cerita
adalah "aku" atau “kami”. Hanya segala sesuatu yang didengar dilihat,
dirasakan, atau diketahui oleh si pencerita yang bisa anda ungkapkan. Dengan
menggunakan sudut penceritaan orang pertama ini, anda tidak bisa melukiskan apa
yang ada di dalam hati atau pikiran karakter lain.
Contoh: Aku
melihat nenek begalan terhuyung-huyung melintasi kamarku. Kaki kaki tuanya
tampak sudah tak terlalu kuat untuk menopang berat tubuhnya. Muka nenek tampak
murung. Ia gelisah memikirkan bibiku yang bertekad menjadi pembantu rumah
tangga di Hongkong.
Contoh di atas
keliru karena si penutur tiba tiba memasuki perasaan orang lain.
Mestinya:
Aku melihat nenek
berjalan terhuyung-huyung melintasi kamarku. Kaki-kaki tuanya tampak sudah tak
terlalu kuat untuk menopang berat tubuhnya. Muka nenek tampak murung. "Aku
gelisah memikirkan bibimu yang bertekad menjadi pembantu rumah tangga di
Hongkong." katanya.
2. Sudut
penceritaan orang kedua
Narator
menggunakan kata ganti orang “kau", “kamu", atau “anda" seolah-olah
pembaca adalah pelaku dalam cerita. Cara penuturan seperti ini lazim digunakan
dalam cerita "pilih sendiri petualanganmu".
Contoh: Kau tahu
bagaimana itu semua terjadi. Kau merasa bahwa kau mestinya tidak campur tangan.
kau pikir perempuan itu akan mengamuk jika kau melarangnya melakukan apa yang
ia sukai. Tapi ketika ia akhirnya harus berurusan dengan polisi, kau habis
habisan menyalahkan dirimu kenapa kau terlalu memberikan kebebasan kepadanya.
3. Sudut
penceritaan orang ketiga, objektif
Penutur cerita
melihat semua tindakan, tetapi ia tidak bisa membaca isi pikiran setiap
karakter. Ia melukiskan segala hal sebatas apa yang bisa ditangkap oleh indera.
Gaya seperti ini
digunakan oleh _Ernest Hemingway_ dalam menuturkan cerita ceritanya. Ia hanya
merekam segala tindakan dan kejadian dengan gaya pelaporan seorang wartawan.
Dengan cara itu juga ia menggambarkan suasana hati seseorang.
4. Sudut
penceritaan orang ketiga, dengan filter dari satu karakter tertentu.
lni hampir sama
dengan jika anda menggunakan sudut pandang orang pertama, hanya kejadian atau
tindakan dituturkan dari sudut pandang seseorang: apa yang dilihat, didengar,
dirasakan, dipikir, atau diinginkan oleh "ia".
Artinya, anda
bisa melongok isi pikirannya, tetapi tetap tidak bisa melihat isi pikiran
karakter lain selain karakter satu ini. Anda bisa menggunakan sudut pandang
lebih dari satu orang dalam cerita anda.
Dalam sebuah
novel, misalnya, pergantian sudut pandang penceritaan bisa anda lakukan pada
masing masing bab atau pada setiap berganti adegan.
5. Sudut
penceritaan orang ketiga, tak terbatas
Dengan
menggunakan sudut pandang ini, anda berlaku sebagai tuhan yang mengetahui apa
saja yang tampak maupun tersembunyi di dalam hati setiap karakter dalam cerita
anda.
Ketika
menggunakan sudut penceritaan mahatahu ini, anda harus hati-hati. Anda memang
bisa berpindah pindah memasuki isi pikiran siapa pun yang anda cerimkan, tetapi
jangan membingungkan pembaca, Ada baiknya anda menggunakan kalimat transisi
jika perpindahan sudu! penceritaan itu terjadi dalam satu adegan.
Dalam contoh di
atas, ada dua kalimat transisi yang mengantar perpindahan dari sudut penceritaan
Seto yang ingin memapah neneknya ke orang tua yang merasa kehilangan karena
ditinggal oleh anak terkecilnya.
Related :