Rendahnya penulisan buku teks masih menjadi sorotan dan
pekerjaan penting yang perlu diperhatikan di dunia pendidikan Indonesia. Selain
masih rendahnya minat menulis buku tersebut, kualitas buku yang telah beredar
juga masih perlu ditindaklanjuti. Hal ini membutuhkan perhatian dari berbagai
kalangan, terutama kalangan akademisi.
Teknik Menulis |
Kualitas penulisan buku teks masih menjadi sorotan di dunia pendidikan
Indonesia. Selain faktor minat yang rendah, kualitas buku teks yang masih
rendah juga tidak terlepas dari proses pembelajaran yang dilalui oleh para
penulisnya. Bisa jadi, buku teks dengan kualitas yang belum sesuai standar
ditulis oleh para akademisi yang melalui proses pendidikan yang kurang baik.
Selain itu, kurangnya materi instruksional juga berperan dalam hal ini. Ada
juga kemungkinan bahwa materi instruksional sudah sering diberikan, tetapi
kurang memadai dan kurang sesuai untuk diterapkan.
Kekurangan-kekurangan
tersebut kemudian menjadi hal yang perlu dibenahi untuk meningkatkan kualitas
sumber ajar yang sesuai standar, kriteria, dan kaidah. Selain itu, peningkatan
kualitas penulisan buku juga akan berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan
di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dari segenap elemen
pendidikan di Indonesia dalam mengevaluasi buku-buku pendidikan yang sudah ada.
Dari hasil evaluasi tersebut, buku teks yang unggul dapat dijadikan sebagai
pedoman untuk penulisan berikutnya.
Teknik Menulis |
Evaluasi terhadap buku-buku teks yang sudah beredar di dunia pendidikan dapat
dilakukan dengan melihat beberapa aspek, yaitu materi, penyajian, bahasa dan
keterbacaan, grafika, dan keamanan. Kemudian perlu juga ditinjau lebih jauh
bahwa buku teks sudah memenuhi kebutuhan tenaga dan peserta didik,
topik-topiknya relevan dan menarik, serta tidak membatasi kreativitas pendidik.
Selain itu, kualitas buku teks juga dapat diukur dengan melihat aspek realistik
dan memperhitungkan kondisi kegiatan belajar-mengajar di kelas.
Untuk meningkatkan
kualitas teks, para penulis buku tersebut dapat memahami model penulisan di
bawah ini. Dengan begitu, mereka diharapkan mampu menulis buku yang sesuai
dengan standar dan kriteria yang telah ditentukan. Jika penulisan buku teks
dilakukan dengan memperbaiki kualitas, pengadaan sumber ajar yang sesuai
kriteria nasional yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan pendidikan dapat
terpenuhi.
Apabila dipaparkan lebih
rinci, model penulisan teks yang berkualitas dapat disesuaikan dengan beberapa
aspek berikut.
1.
Sesuai dengan instrumen
evaluasi buku teks nasional
2.
Tetap mengadaptasi model
penulisan yang sudah ada
3.
Menggunakan teori-teori
yang relevan
4.
Memerhatikan pandangan
dari ahli, tenaga pendidik, dan peserta didik (siswa dan mahasiswa).
Lebih jauh, menulis buku
teks yang berkualitas sebaiknya juga memerhatikan faktor penunjang atau
pelengkap dan faktor penyempurna. Adapun rincian faktor penunjang dan
penyempurna adalah sebagai berikut.
Faktor penyempurna < teknik menulis >
Faktor ini masih berkaitan
dengan penulisan buku teks sendiri, yang disesuaikan dengan standar penilaian
dan pemenuhan fungsinya. Faktor penyempurna buku tersebut meliputi:
Penggunaan jenis dan ukuran huruf < teknik menulis >
Huruf yang digunakan untuk
menulis buku ini biasanya adalah huruf-huruf yang jelas dan mudah dibaca.
Sementara itu, ukuran huruf pada umumnya adalah 12 atau 14, atau yang sebanding
dan proporsional dengan jenis hurufnya. Berbeda dengan isi, jenis dan ukuran
huruf bisa diatur sesuai dengan keinginan penulis atau penerbit buku.
Elemen kegrafikan < teknik menulis >
Ilustrasi dan penggunaan
warna adalah dua hal yang penting dalam elemen kegrafikan. Keduanya perlu
disusun secara proporsional dan disesuaikan dengan faktual.
Indeks < teknik menulis >
Daftar kata ini akan
berisi kata-kata tertentu yang dituliskan dalam isi buku agar mudah dicari.
Kata-kata dalam indeks akan dilengkapi dengan nomor halaman sehingga pembaca
dapat dimudahkan dalam mencari kata-kata yang diinginkan.
Glosarium < teknik menulis >
Glosarium atau kamus
kosakata akan berguna dalam menyediakan penjelasan singkat mengenai kata-kata
yang belum diketahui. Biasanya glosarium terletak di bagian akhir buku teks.
Faktor penunjang (pelengkap) dan penyempurna < teknik
menulis >
Tidak hanya berdiri
sendiri atau diterbitkan dalam sebuah buku tunggal, buku teks perlu memiliki
penunjang dan penyempurna. Faktor penunjang dapat dipenuhi dengan menambahkan
penulisan buku petunjuk guru, buku kerja siswa, dan buku sumber.
Teknik Menulis |
Komponen pelengkap pertama, yakni buku petunjuk guru, merupakan buku yang
berisi pedoman, cara pembelajaran, pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang
dijadikan sebagai tuntunan bagi tenaga pengajar. Sementara itu, buku kerja
siswa dapat berisi tugas-tugas, kegiatan, latihan, dan yang perlu dilakukan
oleh peserta didik baik di luar jam belajar di kelas. Berikutnya, perlu adanya
buku sumber yang mampu menunjang buku teks dalam kegiatan belajar mengajar.
Buku ini berguna untuk memperkaya pemahaman dan pengertian yang berkaitan
dengan materi dalam buku teks.
Kedua faktor tersebut
nantinya akan menjadi penunjang bagi komponen dasar buku teks. Aspek materi
atau isi, penyajian, keterbacaan atau penggunaan bahasa, dan keamanan dapat
terlengkapi dan lebih sempurna dengan adanya kedua faktor penunjang di atas.
Teknik Menulis | Dalam
menulis buku teks, penulis diharapkan memerhatikan rambu-rambu dan petunjuk
penulisan dengan cermat agar terhindar dari kekurangan atau kelemahan yang
tidak sesuai dengan kaidah. Selain itu, perlu adanya peran serta dari elemen di
luar dunia pendidikan untuk menilai baik atau tidaknya isi buku. Penilaian ini
akan berguna untuk mengukur kualitas isi buku teks.
Di samping itu, para
akademisi juga perlu memiliki bekal dan pemahaman mengenai prinsip-prinsip buku
teks sehingga dapat memberikan pertimbangan dan penilaian. Kemudian dari sisi
pemerintah, sebaiknya lebih selektif dalam memilih dan menetapkan buku teks
yang dapat dijadikan pegangan. Selain itu, pemerintah juga perlu menjadi
fasilitator dalam memudahkan akses terhadap buku tersebut dari manapun.
Teknik Menulis | Para
penulis yang menulis buku tersebut dengan memerhatikan kaidah dan model yang
dicontohkan dapat mewujudkan penyediaan sumber ajar yang benar-benar diperlukan
oleh dunia pendidikan. Selain itu, kerjasama mereka dengan berbagai elemen akan
menjadi faktor penunjang bagi penerbitan dan peredaran buku pendidikan yang
berkualitas. Penulisan dan pengawasan terhadap beredarnya buku semacam ini
nantinya akan meminimalisasi adanya pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang
secara sengaja membisniskan buku dan mencemari dunia pendidikan. Kemudian
kemajuan proses belajar mengajar juga akan tercapai karena sumber ajar yang
digunakan berkualitas.
Related :