Ingin menulis buku dengan
cara mengembangkan dari hasil penelitian? Anda bisa mengembangkan hasil
penelitian menjadi sebuah buku. Mulai dari buku ajar, buku referensi ataupun
buku motivasi. Tergantung keinginan si penulis.
Perlu diketahui bahwa saat
hendak menulis buku, penulis perlu memahami tentang kelayakan. Jadi, apakah
tulisan yang ditulis sudah layak, atau tidak. Agar buku tersebut menghasilkan
sebuah kelayakan, ada beberapa komponen penting dengan menuangkan dalam sebuah
aturan.
Seperti yang tertulis di
Badan Standar Nasional Pendidikan menjadi pacuan untuk menulis buku. Karena di
sanalah dipaparkan parameter yang digunakan. Apa saja syarat kelayakan secara
teknis? Berikut ulasannya.
1. Cakupan materi
Terdapat beberapa poin penting
agar cakupan materi dari hasil penelitian menjadi buku ajar tepat sasaran.
Yaitu harus mencakup materi yang akan di bahas. Materi yang disampaikan
setidaknya disesuaikan oleh kompetensi.
Perhatikan kedalaman materi
yang akan disampaikan. Penulisan dibagian materi tidak hanya mengulas sebagian
kecil saja, tetapi ditulis secara lebih mendalam. Agar isi materi tidak
melompat-lompat, tidak ada salahnya untuk membuat pengenalan konsep. Dengan
dibuat konsep, setidaknya akan membantu penulis untuk menulis sesuai dengan
jalurnya.
2. Akurasi Materi
Meskipun menulis buku
dapat ditulis berdasarkan kajian literatur, ternyata menulis buku juga lebih
baik jika ditulis dengan melakukan penelitian terlebih dahulu. Misalnya dengan
memanfaatkan hasil penelitian Anda sebelumnya, menjadi buku referensi.
Jadi penulis perlu membuat
sebuah akurasi materi. Setidaknya ada empat agar buku yang ditulis lebih
akurasi. Pertama akurasi fakta, akurasi fakta menyangkut tentang penyajian data
berdasarkan kenyataan. Data inilah yang nantinya dapat digunakan sebagai
pemahaman peserta didik.
Kedua, sebagai kebenaran
konsep/teori. Kehadiran konsep selain memudahkan penulis menulis sesuai jalur,
ternyata juga membantu penulis agar tidak beropini atau mentafsirkan bidang
yang akan ditulis. Ketiga, kebenaran prinsip atau yang lebih sering kita dengar
dengan kebenaran prinsip.
Terakhir adalah metode,
jadi materi yang terakurasi memiliki metode atau prosedur yang tersistematis
dan runtut. Sehingga memberikan kemudahan pembaca atau peserta didik untuk
menyampaikan materi.
3. Kemutakhiran
Tidak kalah penting yang
perlu dilakukan ketika menulis buku referensi dari hasil penelitian. Pastikan
bahwa penulis melakukan kemutakhiran tema, ide dan gagasan. Setidaknya ada tiga
hal yang perlu diperhatikan agar naskah mutakhir. Pertama, mengikuti perkembangan
ilmu pengetahuan saat ini. Jadi misal menulis buku tentang system imun, maka
materi yang disajikan sesuai dengan perkembangan keilmuan terkini tentang hasil
penemuan dan penelitian system imun. Dengan kata lain, disebut mutakhir karena
up to date.
Kedua, relevansi yang
bersifat kekinian. Tema yang disajikan secara relevan sesuai saat ini, tentu
akan menjadikan buku referensi Anda menjadi lebih fresh.
Ketiga, gunakan rujukan
yang bersifat up to date namun tetap berada relevan dan valid. Jangan mengejar
up to date namun mengabaikan kevalidan dan relevansi. Bagaimanapun juga,
menulis buku referensi sama serius dan pentingnya.
4. Menumbuhkan Semangat Produktivitas
Peran penting seorang
penulis saat menulis buku referensi dari hasil penelitian adalah, menumbuhkan
semangat produktivitas. Karena memang buku ditujukan untuk pengembangan potensi
dan ketrampilan pembaca. Maka, bagaimanapun juga, penulis memiliki beban moral
untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi.
Bagaimana menumbuhkan
kreativitas? Yaitu dengan membiasakan diri untuk berlatih mengeluarkan karya
dan gagasan. Jadi mendidik untuk menjadi pencipta, bukan sebagai penikmat
layanan yang sudah ada. Memiliki kemampuan mencipta tidak cukup, butuh etos
belajar dan bekarja yang baik.
Ide dan gagasan tanpa
disertai dengan etos bekerja yang baik, ide dan gagasannya hanya sebagai wacana
saja. Ada satu hal lain, yang tidak kalah penting, yaitu menumbuhkan kerjasama
atau interaksi sosial.
5. Memotivasi
Isi buku referensi yang
baik setidaknya mendorong keinginan seseorang. Lantas bagaimana cara mengemas
membangun rasa keingintahuan pembaca, khususnya untuk buku ajar yang
diperuntukan untuk peserta didik? Anda bisa mengemasnya dengan memberikan soal
latian dan kasus.
Dengan soal-soal yang
diberikan, setidaknya akan mendorong pembaca untuk mencari informasi lebih
dengan mencari di materi yang penulis sampaikan. Bisa juga membaca buku lain
yang memiliki ulasan yang sama. Ketiga beban moral seorang penulis adalah,
merangsang berfikir kritis.
6. Mengembangkan life
skills
Sebagai penulis harusnya
tahu bahwa penulisan buku dilakukan tidak sekedar memperoleh keuntungan
pribadi, mendapatkan royalty. Tetapi juga memiliki peranan untuk mengembangkan
life skills pembaca. Jadi setelah membaca tulisan Anda, pembaca pun bisa
mengetahui skills atau mengembangkan skills yang telah dimiliki.
Lantas, buku referensi
yang mampu mengembangkan skill seperti apa? Setidaknya ada tiga hal. Yaitu
mengembangkan kecakapan personal, yang meliputi kemampuan untuk mengenali
kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Kedua, mampu mengembangkan kecakapan
sosial.
Kecakapan sosial dalam hal
ini bisa beruba kecakapan dalam berinteraksi, menjalin kerjasama dan membangun
komunikasi dengan orang lain. Terakhir adalah mengembangkan kecakapan akademik
dan mengembangkan kecakapan vokasional. Kecakapan vokasional adalah kemampuan
mengembangkan psikomotorik.
7. Mengembangkan sikap
sense of diversity
Sebenarnya apa sih yang
dimaksud engan mengembangkan sikap menghargai? Ada banyak sekali bentuk cara
menghargai. Misal memberikan apresiasi terhadap potensi Indonesia atau
menyajikan contoh tentang lingkungan lokal. Bahkan memberikan contoh mengenai
lingkungan golobal dari sudut pandang budaya juga salah satu sikap sense of diversity.
8. Teknik Penyajian
Poin ke delapan saat
menulis buku referensi juga penting adalah memperhatikan Teknik penyajian.
Ketika menyajikan materi, ada beberapa poin penting, misal butuh konsistensi
sistematika sajian. Bentuk sistematikan penyajian meliputi beberapa struktur
pembahasan, yang dimulai dari pendahuluan, isi dan penutup.
Adapun Teknik penyajian
yang berikutnya, yaitu memperhatikan kelogisan penyajian. Jadi uraian yang
disampaikan setidaknya disampaikan menggunakan alur berpikir secara khusus atau
secara umum. Hal yang tidak kalah penting juga perlu memperhatikan keruntutan
konsep dan koherensi.
Keruntutan konsep
ditujukan menyederhanakan penyampaian isi buku lebih mudah dipahami. Mengemas
pemahaman yang sulit menjadi mudah. Sedangkan koherensi lebih menekankan pada
hubungan logis dengan fakta, atau dengan konsep dengan teori lain.
9. Perhatikan Penyajian Pembelajaran
Namapknya tidak terlalu
penting, namun menguasai penyajian pembelajaran itu sama pentingnya. Setidaknya
di sinilah penulis mampu mengemas isi buku untuk melibatkan peserta didik untuk
berkembang, mencapai kompetensi yang diharapkan.
Penulis mengemas naskah
mengacu pada penyajian pembelajaran agar mampu memusatkan secara langsung
kepada peserta didik. Secara tidak langsung, isi buku yang penulis buat juga diharapkan
mampu menciptakan komunikasi interaktif, memunculkan umpan balik dan evluasi
diri dan memiliki keseksuaian dengan karakteristik mata pelajaran.
“Itulah Sembilan syarat kelayakan menulis buku referensi dari
hasil penelitian. Semoga kriteria 9 poin di atas mampu membantu Anda untuk
membuat formula yang lebih menyenangkan dalam membuat buku. Jika masih merasa
belum puas, Anda pun dapat melakukan kajian dan mencari sumber pedoman yang
lain. Semoga ulasan ini bermanfaat.”
Sumber: Berbagai Sumber
Related :